Awal Oktober 2011, yang sungguh mengaget kan. tanpa rencana sebelumnya dan memang ga ada niatan sama sekali, hal ini terjadi begitu saja. Tiba-tiba saya mendapat tawaran kerja di sebuah TK oleh bibi saya.
Hah? guru? apa iya bisa. hanya ada rasa pesimis dan rasa ga yakin yang setiap saat membayangi dalam diri saya.
Akan kah bisa? saya hanya bisa berdoa "Ya Allah semoga ini jalan-Mu dan berila kelancaran untuk ini semua" Amin :)
memang kebetulan saya belum kuliah, dari pada nganggur mending saya isi dengan menjadi guru TK, toh jadi guru juga bermanfaat, apa salahnya jadi guru hehe.
Kemudian saya mulai berkerja tanggal 3 Oktober tepatnya pada hari senen yang lalu, dibalik rasa pesimis yang begitu besar saya merasa bersyukur akan hal ini.
karena jarang seorang anak muda 18th dapat bekerja di TK untuk menjadi seorang guru. sulit dan sungguh sulit.
Tetapi yang awalnya merasa pesimis lama-lama hilang dan berganti menjadi rasa optimisme yang sangat tinggi.
memang, memang gampang-gampang susah, tapi kalo belum di coba ga akan tau kan bisa atau engganya, "maka dari itu kalo segala sesuatu di landasi sikap pesimistis, jangan pernah berharap kalian akan maju"
selalulah optimis dalam mengerjakan segala apapun ! hehe
3 minggu lebih sudah saya jalani, dan ternyata Alhamdulillah semua lancar. tau kah kalian? "jika kita senang dengan apa yang kita kerjakan, insyaAllah suatu saat akan mendapat kabar baik yang tak terkira"
rejeki itu ga kemana kalau kita selalu berusaha dijalan-Nya dan kesuksesan itu bukan lahir karena tanpa usaha, namun kesuksesan itu datang dari dalam diri kita dan di rencanakan oleh Allah sWT, tapi jika kita tidak ada kemauan untuk sukses jangan pernah berharap untuk menjadi orang sukses"
Dari hari pertama sampai sekarang, banyak pengalaman yang benar-benar ga kebayang. semua yang belum saya dapatkan, Alhamdulilah disini saya banyak mendapatkan pelajaran. dari segi mengajar sampai dengan cara bersosialisasi.
Sebenarnya kalo kaliuan boleh tau, hal yang paling saya ga suka adalah menjadi guru, dan ternyata ga tau kenapa saya menjadi enjoy menjalani ini semua, apalagi kalo mengajarnya bareng sama anak-anak sekecil mereka.
sungguh anugrah yang menyejukan jiwa.
sampe-sampe lupa segalanya dah kalo saya berada di sekeliling mereka semua. walau butuh kesabaran yang cukup tinggi saya tetap menjaga emosi saya. itung-itung melati kesabaran hehe
memang semuanya sudah di atur atau di rencanakan sama yang di atas, sekarang tinggal kitanya mau atau engga menjalaninya.
baik buruk yang kita pikirkan belum tentu sama dengan-NYA, yang menurut kita baik belum tentu menurut Allah baik, begitu juga sebaliknya dan yang paling baik itu semuanya hanya datang dari Allah SWT.
Selama 3 minggu saya mengajar saya mendapatkan analisis tentang metode-metode pengajaran di TK (Taman Kanak-Kanak), yaitu :
dalam pengajaran di Taman Kanak-kanak (TK), seorang guru TK perlu memperhatikan tujuan program belajar dan ruang lingkup kegiatan belajar anak TK. Guru harus paham betul karakteristik anak TK, sehingga bisa mencari solusi ketika harus meneliti di kelasnya sendiri dalam rangka menemukan potensi unik anak didiknya.
Tujuan program kegiatan belajar TK adalah membantu meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan keterampilan, dan daya cipta anak didik untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya. Sedangkan ruang lingkup program kegiatan belajar TK meliputi pembentukan perilaku melalui pembiasaan dalam pengembangan moral pancasila, agama, disiplin, perasaan/emosi, dan kemampuan bermasyarakat, serta pengembangan kemampuan dasar melalui kegiatan yang dipersiapkan oleh guru meliputi pengembangan kemampuan berbahasa, daya pikir, daya cipta, keterampilan, dan jasmani. Untuk mencapai tujuan itu, perlu digunakan metode pengajaran yang sesuai bagi pendidikan anak TK.
Ada hal penting yang harus dikuasai oleh guru TK agar dapat memahami kemampuan unik anak didiknya. Kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki oleh anak yang mengalami perkembangan seusia TK adalah sebagai berikut:
1.Berkembang menjadi pribadi yang mandiri
2.Belajar memberi, berbagi, dan memperoleh kasih sayang
3.Belajar bergaul dengan anak lain
4.Mengembangkan pengendalian diri
5.Belajar bermacam-macam peran orang dalam masyarakat
6.Belajar untuk mengenal tubuh masing-masing
7.Belajar menguasai keterampilan motorik halus dan kasar
8.Belajar mengenal lingkungan fisik dan mengendalikannya
9.Belajar menguasai kata-kata baru untuk memahami orang/anak lainnya
10.Mengembangkan perasaan positif dalam berhubungan dengan lingkungan
Kesepuluh kemampuan dasar itulah yang harus sudah ditanamkan pada anak usia TK. Oleh karena itu, dibutuhkan berbagai metode pengajaran atau pembelajaran agar apa yang direncanakan guru dapat membantu anak menguasai dasar kemampuan di atas. Metode atau cara yang digunakan dalam pembelajaran itu antara lain menggunakan:
1.Metode bermain anak TK
2.Metode karyawisata anak TK
3.Metode bercakap-cakap anak TK
4.Metode demonstrasi bagi anak TK
5.Metode Proyek bagi anak TK
6.Metode bercerita bagi anak TK
7.Metode pemberian tugas bagi anak TK
Ketujuh metode itu biasa digunakan dalam metode pengajaran di taman kanak-kanak.
Sangat menarik dan membuat kita menjadi lebih tahu bahwa tidak mudah menjadi guru.
Apalagi guru TK yang harus sabar dan menyayangi anak-anak.
Selalu menerapkan 5S dalam kesehariannya, yaitu salam, senyum, sapa, syukur, dan sabar.
sekian pengalaman awal bekerja saya semoga dapat bermanfaat bagi kita semua yang membacanya, Amin.
Pesan dari saya "jangan pernah melihat pekerjaan dari seberapa gaji yang akan kira terima tapi pikirkanlah bahwa pantaskah kita menerimanya dan sudah benar atau belum kita dalam bekerja."
insyaAllah jika itu semua dijalankan Allah akan memberi setimpal dengan apa yang kita kerjakan.
Oh iya, jangan lupa untuk ikuti terus perkembangan blog saya di www.bimapurwanugrahanto.blogspot.com
Terimakasih, Wassalam.
Kamis, 27 Oktober 2011
My First Experience Work
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar